40 Orang Pengurus Koperasi di Kabupaten Solok Kembali Dilatih

102
Bupati Solok
Bupati Solok Gusmal bersama peserta pelatihan penguatan kelembagaan Koperasi bagi pengurus Koperasi di daerah itu, Minggu (26/7).

Beritanda1 –Pemerintah Kabupaten Solok kembali menggelar pelatihan penguatan kelembagaan Koperasi bagi pengurus Koperasi di daerah itu. Pelatihan yang digelar selama 3 hari itu, ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan profesionalitas pengurus koperasi dalam mengelola koperasi demi meningkatkan kesejahteraan anggota.

 

Pelatihan tersebut digelar di Emersia Hotel Batusangkar, Minggu 26 Juli 2020 dan dibuka oleh Bupati Solok Gusmal. Untuk gelombang ke II ini diikuti oleh  40 orang peserta yang berasal dari pengurus dan pengelola koperasi yang ada di Kab. Solok.

” Kegiatan ini digelar selama 3 hari kedepan. Peserta pelatihan bukan hanya pengurus atau pengelola koperasi yang sudah ada sejak lama, tetapi juga untuk koperasi yang baru merintis hingga koperasi yang sudah berprestasi,” kata Kadis Koperindag UKM  Kabupaten Solok Eva Nasri.

Terhadap itu, Bupati Solok Gusmal menekankan bahwa pembentukan sebuah koperasi didasari dengan undang-undang atau aturan yang berlaku. Salah satu tujuan dari dibentuknya koperasi ialah untuk mensejahterakan anggota koperasi serta mencari laba untuk organisasi koperasi itu sendiri.

Dengan adanya koperasi di lingkungan masyarakat, kata Bupati, maka secara tidak langsung akan membantu perekonomian anggota maupun masyarakat.”Gunakan koperasi sebagai wadah untuk membangun sebuah usaha yang berkelanjutan. Koperasi yang aktif juga akan menunjang perekonomian suatu daerah,”ucap Bupati Gusmal.

Bupati Solok

Menurut Bupati, seorang yang memiliki usaha harus memiliki sikap berani, terampil serta pemahaman dan wawasan yang cukup agar usaha yang digeluti dapat berjalan dengan baik kedepannya.

Bupati berharap agar seluruh koperasi yang ada di Kab. Solok dapat terus aktif dari masa ke masa. Pemerintah daerah melalui dinas koperindag akan selalu memberikan binaan koperasi beserta pengurusnya. “Untuk membentuk koperasi yang baik, maka seluruh pembukuan harus jelas dan transparan,” ujarnya.

BACA JUGA:  SK Dari DPP Gerindra Terbit, H. Bambang Surya Irawan Jabat Ketua DPRD Sijunjung Definitif

Koperasi Solok

Terkecuali itu, Bupati menambahkan, pembentukan sebuah koperasi juga didasari dengan kesamaan kebutuhan dan tujuan. ” Makanya, saya berpesan agar anggota koperasi tidak hanya menjadi pribadi yang konsumtif, melainkan juga menjadi pribadi yang produktif,” pungkas Bupati

 

Reporter: Wezi Rismanto

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...