39 Orang Warga Kota Solok yang Menjalani Swab, Negatif Covid-19

2036
Kadis Kesehatan Kota Solok
Kadis Kesehatan Kota Solok dr. Ambun Kadri, MKM saat memberikan keterangan terkait hasil swab warga Kota Solok, Sabtu (23/05)

Beritanda1 –Sebanyak 39 orang warga Kota Solok yang ditracing dan melakukan swab  dinyatakan Negatif Covid-19. Kabar tersebut sekaligus menjadi anugerah bagi warga Kota Solok sehari menjelang umat muslim merayakan Idul Fitri 1441 H.

 

Juru Bicara penanganan covid-19 Kota Solok dr.Ambun Kadri di Solok, Sabtu (23/05) menyebutkan, kepastian itu didapat tadi pagi dari laboratorium kedokteran Unand dibawah koordinasi Dr.dr Andani Eka Putra, M.Sc, yang menyebutkan seluruh pemeriksaan swab yang dikirim dari Kota Solok hasilnya negatif. “Alhamdulillah, hasil swab sebanyak 39 orang dengan hasil negatif seluruhnya,”ujarnya.

Menyusul hasil itu, seluruh warga Galanggang Batuang yang sebelumnya sempat menjalani isolasi di RSUD Banda Panduang telah dipulangkan ke rumah masing-masing. Para warga tersebut sebelumnya merupakan hasil tracing dan memiliki riwayat kontak erat dengan D (25) yang sebelumnya dinyatakan Positif Covid-19.

“Terima kasih kepada warga Galanggang Batuang terutama keluarga D (25) yang telah kooperatif, informasi tadi kami dapat setelah shalat subuh. Kami dihubungi oleh dr. Andani Eka Putra, M.Sc  yang menyampaikan bahwa hasil swab Kota Solok semuanya negatif termasuk yang sedang isolasi di Posko Banda Panduang yaitu satu keluarga sebanyak 5 orang warga Galanggang Batuang Kelurahan Nan Balimo,” beber Ambun Kadri.

Kadis kesehatan Kota Solok ini berharap kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Dengan selalu menggunakan masker dan tetap mencuci tangan dengan sabun serta hindari kerumunan.

BACA JUGA:  Rem Blong, Truk Semen “Lanyau” Lokasi Pesta Warga Di Talang Solok

Ia berharap pasien positif Covid-19 di Kota Solok tidak mengalami penambahan.  Tentunya dengan kerjasama dan kesadaran masyarakat dengan mematuhi anjuran pemerintah.  “Mari kita doakan semoga satu orang yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Kota Padang bisa segera sembuh dan segera bisa berkumpul dengan keluarga,” ucapnya.

Terkait hasil itu, Agus Dwiyanto Gayo salah seorang warga yang menjalani swab tersebut menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada tim medis yang selalu mengawasinya, serta tim BPBD dan PMI Kota Solok yang tanggap dalam penangganan pencegahan melalui penyemprotan Disinfektan setelah hasil Rapid test dirinya dinyatakan positif.

Ia meminta masyarakat tidak mudah mengklaim orang lain terinfeksi atau positif Covid-19. Mengingat, untuk menentukan status itu diperlukan sejumlah prosedur. “Jangan menyimpulkan kalau hasil rapid test reaktif maka itu positif. Belum tentu seperti itu. Penentuannya ada di laboratorium melalui tes swab. Kalau tes swab positif, berarti memang tertular Covid-19,” katanya.

Agus Dwiyanto Gayo merupakan salah satu PNS dilingkungan Dinas Catatan Sipil Kabupaten Solok, sebelumnya melakukan kontak dengan salah satu keluarga pasien positif yang meninggal dunia di Koto Baru beberapa waktu lalu. Sesuai himbauan dari gugus tugas semua yang melakukan kontak dengan keluarga almarhum untuk segera melakukan pemeriksaan di Posko penanganan covid-19.

“Saat dilakukan rapid test di Posko Banda Panduang ternyata didapat hasil rapidnya positif dengan demikian tim medis langsung lakukan Swab  terhadap saya. Alhamdulillah hasil swab tersebut Negatif,” terang Kabid pada Disdukcapil.

Terhadap itu, ia berharap Dinas kesehatan mengirimkan surat pemberitahuan kepada masing–masing kelurahan yang warganya dinyatakan hasil swabnya negati. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penilaian berbeda ditengah masyarakat.

BACA JUGA:  Seret Pejabat Pessel, Sidang Perusakan Hutan Mangrove Mandeh Bergulir

“ Kami berharap, dinas kesehatan dan pihak kelurahan memberikan sosialiasi kepada masyarakat terkait hasil ini, agar warga yang sebelumnya menjalani Swab ini tidak dikucilkan di tengah masyarakat,” harapnya.

Reporter: Wahyu Haryadi

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...