Beranda Agama 2021, Yayasan Darianis Yatim Akan Bangun 6 Mesjid dan Musola di Kota...

2021, Yayasan Darianis Yatim Akan Bangun 6 Mesjid dan Musola di Kota Solok

Yayasan Darianis Yatim
Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh melakukan peletakan batu pertama pembangunan musola di taruko Kelurahan Simpang Rumbio,Kecamatan Lubuk Sikarah, Jum’at (15 Januari 2021)

Beritanda1 –Yayasan Darianis Yatim merencanakan akan akan kembali melakukan pembangunan dan renovasi pada 6 Mesjid dan Musola di Kota Solok sepanjang tahun 2021, dengan alokasi anggaran mencapai Rp. 15 Miliyar.

 

Hal itu diungkapkan ketua harian Yayasan Darianis Yatim yang juga Anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, di sela peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Al Baroqah yang akan dibangun oleh Yayasan Darianis Yatim di Taruko, RT.02/RW.04 Kelurahan Simpang Rumbio,Kecamatan Lubuk Sikarah, Jum’at (15 Januari 2021). “ Alhamdulillah musola Al Baroqah Taruko merupakan yang pertama kali kami laksanakan pembangunannya untuk tahun  ini,” kata Rusdi Saleh.

Rusdi Saleh menyebutkan, sesuai perencanaan, pihak Darianis Yatim akan melanjutkan pembangunan musola di Madrasah Aliyah Negeri Kota Solok,Masjid Kandang Aua,Musola SMPN 6 dan SMP 4. “Untuk tahun ini kami telah merencanakan pembangunan Masjid dan Mushalla sebanyak 6 lokasi di Kota Solok dengan jumlah anggaran mencapai 15 Milyar.pada tahun 2020 kami juga telah membangun juga sebuah Mushalla di SMPN 1 Solok serta Pembangunan Pondok Pesantren Darul Thalib di Kelurahan Laing ,” kata Rusdi Saleh.

Persemian peletakan batu pertama pembangunan Musola tersebut dihadiri  oleh pimpinan DPRD setempat  yang diwakili oleh Leo Murphy,SH, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Ir.Alkaf, Staf Ahli Bidang Pembangunan,keuangan dan ekonomi, M.Syafni, Kemenag Kota Solok, Camat Lubuk Sikarah, Polsekta Solok, Dandim 0309, Lurah Simpang Rumbio, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat serta sejumlah undangan lainnya.

Rusdi mengungkapkan alasan pihaknya membangun musola di taruko sudah melalui tim survey yang ada di Yayasan Darianis Yatim. Ia mencotohkan, kala waktu magrib masih banyak anak-anak yang berkeliaran di jalanan di daerah itu. “Ternyata ketika ditanya , alasannya karena mereka tak punya musola untuk mengaji di daerah taruko ini,” bebernya.

BACA JUGA:  Munas ke V IKPS Dihelat, 9 Tokoh Pessel Terima Anugerah IKPS Award 2019

Terkecuali itu, Rusdi Saleh menegaskan, kegiatan Pembangunan maupun renovasi tempat ibadah di Kota Solok oleh Yayasan Darianis Yatim selama ini tidak ada pernah bermuatan maupun bermotif politik.  “Kami membangun tempat ibadah sebagai bentuk kepedulian akan kampung halaman dengan tujuan guna mewujudkan masyarakat dan generasi yang qurani,” ujarnya.

Atas alasan itu, pihaknya berharap kepada masyarakat  untuk terus meramaikan mushalla ini setiap sholat lima waktu, di samping  menjadikan musola ini sebagai tempat bermusyawarah dan tempat mengaji bagi anak – anak.

Saleh bahkan menantang masyaraka setempat, apabila setiap shalat lima waktu diramaikan jama’ah, pihak yayasan darianis yatim akan memberikan hadiah berupa membuat MDA dua lantai. “Bagi anak-anak yang memiliki prestasi dan tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan, kami dari yayasan akan siap membantu biaya pendidikannya,”ucap Rusdi Saleh.

Yayasan Darianis Yatim
Ketua Harian Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh Foto Bersama Tokoh Masyarakat Selepas Peletakan Batu Pertama Pembangunan Musola Di Taruko Kelurahan Simpang Rumbio,Kecamatan Lubuk Sikarah, Jum’at (15 Januari 2021)

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Solok, Leo Murphy, SH mengatakan, sangat mengapresiasi kepedulian Yayasan Darianis Yatim yang selalu mengucurkan dananya untuk pembangunan tempat ibadah khususnya di Kota Solok.

Menurut Leo, pembangunan tempat ibadah yang dilaksanakan peletakan batu pertamanya saat ini bukanlah yang pertama kali dilaksanakan. Sebab Yayasan Darianis Yatim telah membangun maupun merenovasi tempat ibadah di Kota Solok sudah mencapai 20 Unit semenjak beberapa tahun belakangan.

“ Semoga ini menjadi perhatian bagi Pemerintah Kota Solok dan sudah sepantasnya Pemerintah memberikan sebuah penghargaan atas bentuk kepedulian Yayasan Darianis Yatim yang begitu peduli terhadap kebutuhan umat,” ungkap Leo.

Melalui peletakan batu pertama Mushalla Al Baroqah ini, ujar Leo, menjadi langkah awal bagi masyarakat Taruko, untuk memulai kegiatan yang lebih besar ke depannya.  “Apa yang dibuat pada hari ini akan menjadi sejarah bagi masyarakat sekitar dan memberikan harapan bahwa nantinya akan melahirkan generasi yang qurani,” kata Leo Murphy.

BACA JUGA:  Warga Diminta Bersabar, Camat Payakumbuh: Jangan Kasari PSM

Ia berharap, setelah dibangunnya rumah ibadah tersebut, dapat dirawat dan menjadi pusat kegiatan keagamaan masyarakat. “Mari sama-sama kita doakan agar dalam pembangunan berjalan dengan baik, Sehingga nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat untuk tempat beribadah dan mudah-mudahan dengan dibangunnya masjid Al Baroqah ini dapat menambah iman dan taqwa kita semua utamanya warga Taruko,”pungkasnya.

Reporter: Wahyu Haryadi